Jumat, 13 Januari 2017

Menteri Perdagangan dan Ketua DPR Pantau Harga Cabai di Sejumlah Pasar

Menteri Perdagangan juga menyempatkan diri berbicara langsung dengan para pedagang terkait harga kebutuhan pangan seperti telur, daging hingga cabai
Mendag Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengecek langsung perkembangan harga kebutuhan pokok di Pasar Koja, Pasar Rawamangun dan Pasar Jatinegara. Menteri Perdagangan juga menyempatkan diri berbicara langsung dengan para pedagang terkait harga kebutuhan pangan seperti telur, daging hingga cabai rawit.

Menteri Perdagangan menyatakan telah terjadi penurunan harga pada sejumlah jenis cabai tertentu kecuali cabai rawit merah.

"hanya cabai rawit merah, cabai rawit merah itu hanya di bawah 20% cabai merah besar, cabai merah keriting itu sudah terjadi sebagian terjadi penurunan dan kemudian cabai rawit ijo jadi itu kondisinya" ujar Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan

Selain Menteri Perdagangan Ketua DPR RI Setya Novanto juga turut memantau harga cabai, bersama dengan anggota Komisi 4 dan badan legislatif Ketua DPR RI Setya Novano melihat langsung harga cabai di Pasar Kramat Jati Jakarta Timur.

Usai berdialog dengan para pedagang Setya Novanto menyatakan harga cabai rawit mulai mengalami penurunan, kenaikan harga cabe rawit sebelumnya terjadi karena perubahan iklim ekstrem yang membuat para petani cabai sulit panen. Selain itu distribusi cabai dinilai masih lambat sehingga harganya melonjak.

Untuk itu DPR akan meminta Pemerintah Presiden Jokowi untuk mempercepat pembentukan Badan Pengelola Pangan.

"memang sekarang ini dengan kenaikan kemarin kan ada cuaca yang memang kalau saya tanya dari awal sampai akhir dari satu-satu tadi itu antara distribusi, produsen dan juga masalah yang berkaitan dengan pihak-pihak penjual tadi memang ini sudah mulai menurun ya kita tidak boleh menyalahkan cuaca ini adalah kehendak Allah SWT tetap kita bersyukur dengan peran ini kita harapkan yang sekarang ini adalah ini mumpung ada pimpinan komisi 4 dan ini ada ketua badan legislatif ada Pak Firman yang penting kita buat Badan Pengelola Pangan nah ini undang-undangnya supaya ini bisa mengatur distribusi-distribusi supaya jangan sampai juga menguntungkan tengkulak tetapi kita menguntungkan para petani ya, ya ini saya bersyukur lah pagi-pagi ini langsung ke sini" ucap Setya Novanto Ketua DPR RI

Pemerintah terus berupaya mengendalikan harga cabai agar tidak melonjak terlalu tinggi melalui perum Bulog dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dengan melakukan operasi pasar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar