Kamis, 16 Februari 2017

Kenaikan Harga Cabai Rawit Ungguli Harga Daging di Beberapa Daerah

Di pasar Klojen kota Malang Harga cabai rawit tembus 140 ribu rupiah/kilogram sementara cabai merah berkisar 120 ribu rupiah/kilogram, harga daging sapi bahkan lebih murah dibandingkan cabai yakni berkisar 120 ribu rupiah untuk kualitas terbaik
Cabai Rawit
Di pasar Klojen kota Malang Harga cabai rawit tembus 140 ribu rupiah/kilogram sementara cabai merah berkisar 120 ribu rupiah/kilogram, harga daging sapi bahkan lebih murah dibandingkan cabai yakni berkisar 120 ribu rupiah untuk kualitas terbaik. Imbas kenaikan cabai pembeli di pasar menurun drastis, jika satu hari pedagang menjual 5 kilogram cabai kini dalam sehari tidak lebih dari 1 kilogram.

Selain cabai merah, harga komoditi lain juga ikut naik, bawang merah dari 24 ribu menjadi 35 ribu rupiah selain itu bawang putih naik dari 22 ribu rupiah menjadi 30 ribu rupiah.

"ya kita mengalihkan aja ke merica kan juga enak juga di badan panas anget gitu ya terus kita beli daging di kasih merica juga enak"

Mahalnya harga cabai juga terjadi di pasar baru Bogor dampak baiknya penjual cabai kering di sini banjir pesanan sejak November lalu, pembeli terpaksa membeli cabai kering untuk menggantikan cabai rawit segar. Harga 1 kilogram cabai merah keriting yaitu 30 ribu rupiah.

Cara mengolah cabai kering ini pun mudah, cabai kering cukup di rendam air atau di rebus lalu di olah menjadi sambal. Dari satu kilogram cabai kering yang diolah hasilnya sama dengan sambal dari 3 kilogram cabai segar.

Sepekan terakhir harga cabai di pasar Purwodadi Gerobokan Jawa Tengah terus melonjak harga cabai rawit yang sebelumnya 90 ribu rupiah/ kilogram kini menjadi 135 ribu rupiah/kilogram, harga tersebut sudah melampaui harga daging sapi di pasaran yaitu 110 ribu hingga 120 ribu rupiah/kilogram. Ini menyebabkan konsumen beralih membeli cabai jenis lain di antaranya cabai keriting dan cabai rawit hijau. Harga cabai rawit hijau harganya 55 ribu rupiah/kilogram sedangkan cabai keriting hijau 35 ribu rupiah/kilogram.

Para penjual cabe mengaku selama musim hujan ini pasokan cabai rawit mengalami penurunan. Tidak adanya pasokan cabai rawit merah dari luar daerah membuat harganya di Cianjur Puncak Jawa Barat naik sepekan terakhir yaitu mencapai 160 ribu rupiah/kilogram sudah harganya tinggi keberadaannya juga langka jarang ada di pasaran kondisi ini terjadi di pasar muka Cianjur, komoditi cabai jenis lain juga harganya juga meningkat di antaranya cabai rawit hijau yang harganya mencapai 80 ribu rupiah/kilogram.

Cuaca diduga menjadi faktor utama penyebab menghilangnya cabai rawit merah dari pasaran, cabai rawit merah dikenal mudah busuk terlebih saat kelembaban udara tinggi. Hadapi kondisi ini konsumen kini lebih banyak membeli cabai kering yang harganya lebih murah yaitu 60 ribu rupiah/kilogramnya.

1 komentar: